Selamat Datang di MAN Alor - Madrasah Plus Keterampilan, Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Peningkatan SDM Pendidik Melalui Kegiatan MGMP - MAN ALOR

Header Ads



Breaking News

Peningkatan SDM Pendidik Melalui Kegiatan MGMP

| Pengembangan Diri | 
Salah satu upaya pembangunan Madrasah adalah penyiapan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Peningkatan SDM di Madrasah dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajarajan (MGMP). 

MAN Alor sebagai salah satu lembaga pendidikan bercirikhas islam selalu berupaya untuk mengejar moto Kementerian Agama Republik Indonesia yang selalu terupdate. Berawal dari Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah hingga Madrasah Mandiri Berprestasi, MAN Alor selalu berupaya berbenah untuk menggapai motto tersebut. 

Guna menwujudkan motto tersebut maka kegiatan pengembangan diri guru MAN Alor melalui forum MGMP menjadi salah satu program wajib yang akan terus dilaksanakan madrasah secara berkelanjutan.

Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 ini MAN Alor memprogramkan dua kegiatan peningkatan SDM Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui kegiatan MGMP yang telah dilaksakan pada Kamis (1/9/2022), dan kegiatan PKB yang akan dilaksanakan pada pertengahan Oktober 2022.

Kegiatan MGMP yang dilaksanakan selama tiga hari ini (1 sd. 3/9/22) mengahdirkan tiga narasumber yang kompeten dalam bidangnya, yaitu (1) Kepala Seksi Pendidikan Islam Kabupaten Alor, Drs. Mansur B. Samah, M.Pd., membawakan materi Kebijakan Pendidikan Islam, (2) Kepala MAN Alor, Hadi Abdul Aziz Kammis, SH., membawakan Materi Pengembangan Media Pembelajaran, dan (3) Dosen/Peneliti pada STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Rahmad Nasir, M.Pd., membawakan Materi Publikasi Ilmiah -Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala MAN Alor menyampaikan bahwa peningkatan kualitas belajar siswa tergantung pada kemampuan guru dalam mengolah dan mengembangkan media pembelajaran. Tugas guru tidak hanya mengajar dengan mentransfer ilmu dari buku kepada siswa namun lebih dari itu seorang guru harus mampu menjadi motivator yang dapat menggali dan mengembangkan berbagai potensi yang terpendam dalam diri siswa. Oleh karena itu maka guru Madrasah harus terus berbenah diri, selalu berubah dengan prinsip hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Pada bagian lain Kepala Seksi Pendidikan Islam Kabupaten Alor menyampaikan beberapa arahan terkait dengan upaya pengembangan Madrasah, yaitu (1) Pengembangan madrasah harus dilakukan dengan hati yang tulus, karena keikhlasan dan ketulusan para guru dalam mendidik akan membawa perubahan besar bagi perkembangan madrasah. (2) Pengembangan Madrasah harus dilaksanakan dengan penuh kekompakan dan kebersamaan, karena kekompakan dan kebersamaan menjadi kekuatan yang tidak dapat dipatahkan oleh siapapun, dan (3) Doakan anak didik kita di setiap waktu, karena doa seorang guru sama seperti doa seorang ibu yang akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Kegiatan MGMP yang diikuti oleh 64 guru mata pelajaran tersebut dihadiri juga oleh Ketua Komite MAN Alor, Drs. H. Arsyad Badu. Dalam sambutannya Komtite yang juga menjabat sebagai Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Alor ini berpesan kepada para peserta kegiatan MGMP agar serius dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri ini. Kegiatan ini menjadi sarana utama bagi guru dalam merencanakan berbagai aktifitas selama satu tahun mendatang. Saat ini Madrasah memikul amanah yang cukup besar dari seribu lebih orang tua/wali, oleh karena itu jangan sia-siakan amanah ini. Komite akan memberikan dukungan penuh untuk kegiatan pengembangan diri seperti ini, agar tercipta guru yang berkualitas yang mampu membawa generasi Alor ke arah yang lebih baik.

Penulis dan Foto: Humas MAN Alor


Tidak ada komentar

Terimakasih telah singgah. Silahkan tinggalkan komentar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.